OOP - Encapsulation

OOP adalah Objek Oriented Programming yaitu konsep cara berpikir yang berbeda dengan konsep pemprograman sebelumnya yang dapat disebut sebagai pemprograman prosedural.

OOP - Encapsulation

  • OOP adalah Objek Oriented Programming yaitu konsep cara berpikir yang berbeda dengan konsep pemprograman sebelumnya yang dapat disebut sebagai pemprograman prosedural.
  • di dalam OOP, sebelum kita membuat program kita harus terlebih dahulu mendefinisikan objek-objek yang akan kita gunakan
  • selanjutnya di dalam objek tersebut kita mulai menganalisa data dan fungsi-fungsi apa saja di dalam objek tersebut.

  • Encapsulation (Pengapsulan)

    • adalah proses mendefinisikan data dan fungsi untuk suatu objek
    • misalnya kita memiliki objek berupa persegi panjang, maka
    • data dari objek persegi panjang adalah panjang dan lebar
    • fungsi dari objek persegi panjang adalah
      • hitung luas, untuk menghitung luas dari persegi panjang
      • hitung keliling, untuk menghitung keliling dari persegi panjang
  • Sifat data dan fungsi suatu objek

    • Public
    • suatu data dan fungsi yang dapat diakses oleh
    • Protected
    • hanya fungsi di dalam objek dan turunannya yang dapat mengakses data dengan tipe protected
    • private
    • hanya fungsi yang di dalam objek itu yang dapat mengakses data
  • Pendefinisian Objek menggunakan keyword berikut:

    • class
    • secara default bersifat private
    • struct
    • secara default bersifat public
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
#include <iostream>
#include <stdlib.h>

using namespace std;

class persegipanjang
{
  protected:
    int panjang,lebar;
  public:
    void initial(int v1, int v2);
    int hitung_luas();
    int hitung_keliling();
};


void persegipanjang::initial(int v1=0, int v2=0)
{
   panjang = v1;
   lebar   = v2;
}

int persegipanjang::hitung_luas()
{
  int luas = 0;
  luas = panjang * lebar;

}

int persegipanjang::hitung_keliling()
{
  int keliling = 0;
  keliling = 2 * (panjang + lebar);
}


main() {
  system("cls"); // membersihkan layar

  persegipanjang kotak1;
  kotak1.initial(10,20);
  printf("Luas Kotak pertama adalah %5d \n",kotak1.hitung_luas());
  printf("Keliling Kotak pertama adalah %5d \n",kotak1.hitung_keliling());

  persegipanjang kotak2;
  kotak2.initial(30,40);
  printf("Luas Kotak kedua adalah %5d \n",kotak2.hitung_luas());
  printf("Keliling Kotak kedua adalah %5d \n",kotak2.hitung_keliling());


  getch();
  return 0;
}
  • Pendefinisian variabel objek